Harga Gula Pasir Melambung Tinggi, Bupati Bone Perintahkan Operasi Pasar

Foto.Harga gula pasir di Kabupaten Bone mulai melambung tinggi, Bupati Bone perintahkan TPID untuk kendalikan harga.(net)

BONE, PENAINSPIRASI.COM
- Harga gula pasir   disejumlah wilayah Kabupaten Bone mulai meroket dan sudah melampui harga standar yang ditetapkan Pemda Bon sebesar Rp12.500/kg.

Jika sebelumnya harga gula pasir dijual dipasaran berkisar Rp 13.500 - Rp 14.000/kg, namun memasuki awal bulan Maret, harga gula pasir mulai merangkak naik mencapai Rp 16.000 - Rp 17.000/kg.

Bupati Bone, A. Fahsar Mahdin Padjalangi, melalui pesan Group WhatsApp menginstruksikan khusus kepada Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Bone untuk mengambil langkah-langkah tertentu dalam mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok di Kabupaten Bone khususnya harga gula pasir yang harganya sudah melonjak.

“Kepada tim TPID agar cek pasar, harga bahan baku sudah mulai naik khususnya gula pasir” pesan Fahsar, melalui Kepala Bagian Protokoler dan Komunikasi Setda Bone, H. Bahram Bachtiar Jumat, 13 Maret 2020.

H. Bahram Bachtiar kembali mengatakan, Bapak Bupati juga mengharapkan TPID agar mengoordinasikan kepada seluruh instansi pengontrol pasokan di daerah seperti Bulog, Dinas Perindustrian, Dinas Perdagangan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian, Bagian Ekonomi, serta dinas terkait lainnya.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bone, A.Chaerul Saleh ketika dihubungi penainspirasi.com membenarkan instruksi orang nomor satu di Bumi Arung Palakka tersebut.

Dikatakannya, kenaikan harga gula pasir merupakan fenomena tingkat nasional disebabkan tidak lancarnya pendistribusian gula di tingkat nasional ke daerah akibat merebaknya isu virus corona (Covid-19).

"Kami sudah menerimah isntruksi tersebut dan kami sudah melaporkan kepada Bapak Bupati Bone, kenaikan harga gula pasir adalah fenomena tingkat nasional, dan Kemeterian Perdagangan saat ini sudah melakukan operasi pasar  dan harga gula sekarang sudah cenderung turun kembali diharga Rp 15.000 /kg dari harga sebelumnya yang mencapai Rp 17.000/kg"ungkapnya.

Dikatakannya kembali, ketersediaan pasokan gula lokal di pabrik gula Arasoe masih ada sebesar 400 ton,  sementara pabrik gula Camming,  tidak memiliki lagi stok karena belum memasuki musim giling.

Ditanyakan terkait tindak lanjut operasi pasar, Chaerul saleh belum dapat memastikan karna menurutnya tim kemendag sudah melakukan operasi pasar untuk menstabilkan harga ditingkat nasional.

Terpisah, Kanit Ekonomi Satreskrim Polres Bone, Ipda Dodie Rahmaputra mengatakan pihaknya masih terus memantau pelonjakan harga sejumlah komoditi pangan dipasaran.

Khusus harga gula pasir yang melonjak kata Dodi, disebabkan distribusi yang tidak lancar sampai ke daerah, namun stok gula di pabrik gula Arasoe masih stabil.

"Sementara kita terus pantau pelonjakan harga dipasaran, agar tetap stabil" ungkapnya

Penulis : Redaksi





Komentar

Berita Terkini