-->

Pertama di Bone, Pemdes Panyili Dua Boccoe Hadirkan Wahana Flying Fox dan Sepada Gantung



BONE, PENAINSPIRASI.COM-
Kucuran dana desa dari pemerintah pusat yang setiap tahun meningkat, diharapkan mampu menggerakkan perekonomian di desa.

Melalui dana desa, Kementrian Desa dan Pembagunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menitipkan, agar desa yang memiliki potensi wisata, fokus untuk mengembangkan desa wisata (Dewi) melalui intervensi penggunaan dana desa, untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) dan membuka lapangan kerja baru.

Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Panyili Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone. Melalui dana desa, atas kesepakatan bersama Kepala Desa, BPD dan masyarakatnya, disepakati untuk pengembangan wisata, dengan memanfaatkan potensi mata air untuk dibuat wahana kolam renang. Tidak sampai kolam renang saja, Tahun 2019, Pemdes Panyili kembali mengucurkan dana  untuk pengadaan wahana flying fox dan sepeda gantung yang pertama di Bone.

"Kami harapkan dengan pemanfaatan potensi alam yang ada di desa kami, aset desa ini betul-betul dapat dijaga kelestraiannya, dimanfaatkan, dan dikembangkan agar dapat menjadi sumber pendapatan bagi Desa (PAD) dan dapat mendorong peningkatan perekonomian masyarakat desa"
Kata Kepala Desa Panyili, Idhan Zainal, S.E

Lanjut Kepala Desa Dua Periode tersebut menyampaikan bahwa pemerintah desa hanya berupaya mewujudkan apa yang menjadi keinginan masyarakat yang telah di putuskan bersama dalam musyawarah perencanaan pembangunan didesa.

Namun Kata Idhan Zainal, wahana wisata tersebut belum dibuka untuk umum karena masih tahap ujicoba alat sekaligus bimbingan bagi pemandu/operator yang akan mendampingi wisatawan nanti.

"Selain menghadirkan wahana Flying Fox dan Sepeda gantung, wisata ini juga disediakan kolam renang dewasa dan rencananya tahun ini akan dibangun satu kolam renang untuk anak-anak dengan mengunakan dana penyertaan modal BUMDes Tahun 2020" ungkapnya

Pendamping Desa Kecamata Dua Boccoe Edy Naharto menambahkan, jika pengembangan wisata lokal desa perlu didukung kebijakan supra desa yakni dukungan dari Pemkab Bone, utamanya mengintervensi sarana pendukung strategis.

"Perlu ada dukungan serius dari Pemkab Bone, utamanya akses jalan menuju Desa Panyili rusak parah. Olehnya, kami mengharapkan perbaikan jalan aspal agar wisatawan mudah untuk menjangkau lokasi dewi tersebut" harapnya

Penulis : Redaksi
Editor    : Edy
Komentar

Berita Terkini