-->

Mau Kecipratan Rp 72 Miliar ? Simak Dulu 5 Cara Menjadi Influencer Ini

Foto. Influencer tidak hanya muncul di kota-kota besar. Di Kabupaten Bone sendiri sudah banyak bermuculan konten kreator yang memiliki follower yang signifikan, diantaranya konten kreator STHEPEDUA. ist
PENAINSPIRASI.COM - Pemerintah bakal mengucurkan dana sebesar Rp 72 miliar untuk influencer yang sanggup membantu roda pariwisata tanah air kembali berputar. Informasi ini diungkapkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

"Untuk anggaran promosi Rp 103 miliar dan juga untuk kegiatan turisme sebesar Rp 25 miliar. Dan media relations dan influencer sebanyak Rp 72 miliar," ujarnya di Kantor Presiden pada Selasa (25/02/2020) dikutip dari suara.com

Rupanya, pariwisata Indonesia lagi sepi. Jumlah turis menurun drastis sejak virus Corona menyerang China dan negara-negara lainnya. Alhasil, pemerintah menggelontorkan sejumlah dana untuk menggenjot kembali angka kunjungan wisatawan.

Menariknya, kali ini pemerintah berniat menggandeng influencer untuk menarik minat wisatawan. Ini tentu sebuah peluang. Tujuh puluh dua milyar rupiah bukan angka yang kecil. Uang sebanyak itu bisa untuk membeli mobil mewah, membangun sekolah, atau bahkan membeli rumah sakit. Sangat tidak baik apabila melewatkan kesempatan emas seperti ini.Namun, sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya memahami siapa sebenarnya yang dimaksud influencer?

Pekerjaan sebagai influencer mulai dikenal setelah internet dan media sosial merajalela. Influencer dianggap sebagai sosok yang berpengaruh karena memiliki pengikut yang loyal dengan jumlah yang bisa mencapai jutaan.

Perilaku, pendapat, hingga segala aktivitas yang influencer lakukan jadi penting karena dapat mempengaruhi keputusan para pengikutnya. Sebutan lain bagi mereka biasanya adalah selebgram, youtuber, selebtwit, beauty blogger, travel blogger, dan key opinion leader. Tinggal menyesuaikan dengan nama platform media sosial yang mereka gunakan.

Tak jarang para influencer ini digandeng oleh perusahaan besar untuk membantu mereka meningkatkan brand awareness. Muaranya, tentu saja, adalah mendongkrak angka penjualan.

Dengan demikian, perusahaan bisa untung dan influencer jadi senang. Sungguh hubungan yang saling menguntungkan bukan? Tak heran, pekerjaan ini jadi banyak dilirik oleh orang-orang.

Namun, bagaimanapun juga, menjadi influencer tak semudah membalikkan telapak tangan. Agar tak bingung-bingung lagi, berikut adalah lima. Siapa tahu, jika nasib baik sedang dikandung badan, bisa kecipratan dana tujuh puluh dua milyar rupiah dari pemerintah.

1. Temukan Ceruk Pasar
Harus pandai-pandai melihat peluang. Kalau sudah ketemu, coba untuk menjadi orang yang sangat ahli dalam bidang yang telah dipilih. Setelah itu, tentukan media sosial apa saja yang akan digunakan. Youtube? Facebook? Twitter? Instagram? atau Tiktok? Masing-masing platform bakal membutuhkan pendekatan yang berbeda-beda.
2. Bikin Strategi
Seperti perang, butuh strategi yang bagus untuk jadi pemenang. Ada banyak kelas strategi marketing yang bertebaran di dunia maya. Tinggal pilih mau belajar yang mana. Kalau sudah, lakukan hal-hal yang ada di dalam rencana strategi secara konstan. Seperti minum obat, jangan pernah skip sekalipun.

3. Bangun Jejaring Komunitas
Saatnya membangun jejaring komunitas. Semakin banyak orang yang tahu, semakin dekat jalan seseorang menjadi influencer. Dekati orang-orang penting di industri yang ingin disasar. Ajak bekerjasama atau sekadar mengobrol lewat media sosial. Bisa juga datang ke acara-acara komunitas. Setelah itu, promosikan acara mereka atau kegiatan mereka di media sosial.

4. Promosikan Diri Sendiri
Salah satu hal mutlak jika ingin menjadi infuencer adalah tidak boleh malu. Harus rajin-rajin mempromosikan diri lewat media sosial yang telah dipilih. Harus selalu ada konten setiap waktu.

5. Menarik Perhatian
Menarik perhatian orang bisa dengan berbagai cara. Mau pilih cara yang baik atau yang tidak baik tinggal disesuaikan dengan hati nurani. Yang jelas, kalau sudah berhasil menarik perhatian banyak orang, itu berarti jalan menjadi influencer telah ada di depan mata.
Sumber : suara.com
Editor    : Edy


Komentar

Berita Terkini