Buka Musrenbang Anak, Wabup Bone Launching Aplikasi U-Report Indonesia

Foto. Wakil  Bupati Bone Drs.H.Ambo Dalle MM,  membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Anak Kabupaten Bone, yang digelar di  Wisma Tirta Kencana Watampone, Sabtu (22/2/2020).

BONE,  PENAINSPIRASI.COM
 -Wakil  Bupati Bone Drs.H.Ambo Dalle MM,  membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Anak Kabupaten Bone, yang digelar di  Wisma Tirta Kencana Watampone, Sabtu (22/2/2020).

Dalam kesempatan tersebut,  Wakil Bupati Bone juga melaunching Aplikasi U-report Indonesia (Ininnawa Anak Bone) aplikasi yang nantinya diharapkan mampu menyerap aspirasi anak yang ada di Kabupaten Bone.

Sementara itu, Wakil Bupati Bone dalam sambutannya mengatakan, 40% warga Bone masuk kategori anak yang berusia 0-19 tahun sehingga Musrenbang Anak ini sangat penting untuk dilaksanakan.

“Bukti Pemerintah Daerah sangat peduli dan mengedepankan Anak yakni terciptanya Program KELANA (Kecamatan Layak Anak), program ODF juga gencar kita laksanakan”. Ungkapnya

Sejumlah hal yang penting juga disampaikan Wakil Bupati Bone dalam kesempatan tersebut terkait pernikahan dini, bahaya Narkoba, Putus Sekolah dan Stop Kekerasan terhadap Anak.

“Buatlah sesuatu yang bermanfaat, karena Bone itu adalah daerah pencetak orang besar di negeri ini, semoga Anak-anak ku sekalian nantinya bisa menjadi penerus ke depan” ungkap wakil Bupati Bone.

Musrenbang Anak yang di gelar selama dua hari, 22-23 Februari 2020 dengan mengusung tema “Katakan Ya Pada Inovasi Anak Bone" dihadiri Kepala Bappeda Kabupaten Bone,  Dr Ade Fariq Ashar, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dra.Hj.Rosnawati Radi, Kepala Bidang Sosial budaya Bapedda H. Mursakin serta perwakilan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Provinsi Sulsel dan diikuti  sebanyak 40 peserta  yang terdiri dari utusan SMP, SMA, Forum Anak,  SLB, dan anak putus sekolah se-Kabupaten Bone.


Kepala Bappeda Kabupaten Bone, Dr Ade fariq Ashar mengatakan tujuan utama dilaksanakan musrenban anaka adalah menampung aspirasi masyarakat yang ada di Kabupaten Bone, dengan mengharapkan anak-anak yang usia usia sekolah itu mampu memberikan suaranya terkait kebutuhan-kebutuhannya untuk kita endorse masuk ke dalam rencana pembangunan Kabupaten Bone

"Pada kegiatan ini beberapa isu Sentral terkait kebutuhan kebutuhan anak yang akan di bahas contohnya tentang perlindungan anak,kekerasan terhadap anak, pernikahan usia dini" harap Ade

Kepala Bappeda Bone juga mengatakan, di era milenial generasi muda sekarang diharapkan bisa menjadi cikal bakal untuk meningkatkan pembangunan Bangsa dan Negara.

Lebih lanjut, Dr.Ade Fariq Ashar menjelaskan bahwa Musrenbang Anak ini bertujuan untuk menjaring aspirasi anak dan diusulkan pada program kegiatan Perangkat Daerah.

Di waktu yang sama Kadis pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak kabupaten Bone yanag di temui Dra.Hj.Rosnawati Radi mengatakan Kegiatan  musrembang anak memang memberikan andil Kabupaten Bone di dalam hal perencanaan Jadi bukan hanya dimusrembang anak Kabupaten tetapi itu seharusnya musrembang anak di kecamatan harus dilakukan secara Intens setiap tahun

"Musrenbang ini memang menjadi kebutuhan kita karna dalam forum anak  memberikan sumbangsih kepada Kabupaten Bone khususnya untuk mengkampanyekan kepada masyarakat tentang pernikahan anak dibawah usia dini kemudian terhadap kekerasan anak dan utamanya  pekerjaan itu sangat penting karena keterlibatan anak dan mereka adalah aset pemerintah Kabupaten Bone" ungkap Hj Rosnawati

Penulis : Redaksi
Editor   : Edy


Komentar

Berita Terkini