Ketika Pemekaran Bone Selatan Digantung, Begini Tanggapan Pemda Bone


BONE, PENAINSPIRASI.COM- Pemekaran Bone Selatan kembali diperbincangkan yang dirangkai dalam kegiatan dialog awal tahun yang digagas oleh Harian Radar Bone, dengan menghadirkan Pemerintah Daerah Kabupaten Bone, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Tokoh Masyarakat, Aktivis dan Mahasiswa dengan Tema "Ketika Pemekaran Bone Selatan di Gantung" yang digelar di Gedung Graha Pena Radar Bone jalan MT Haryono, Watampone, Selasa (21/1/2020).

Turut Hadir dalam Dialog tersebut yakni, Wakil Bupati Bone Drs.H.Ambo Dalle, MM., Ketua DPRD Bone Andi Irwandi Burhan, Ketua Forum Bone Selatan Andi Suedy, A.Mappamadeng Dewan, Staf Ahli Bupati A.Alimuddin, Kabag Protokol ir.Barham Bachtiar, MM., Kasubag Protokol Edy Saputrasyam, S.STP., M.Si., Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Aktivis dan Mahasiswa.

Wakil Bupati Bone, Ambo Dalle mengatakan, kehadiran pemerintah daerah pada dialog tersebut adalah wujud komitmen yang kuat untuk mengawal Pemekaran Bone Selatan.

Pemerintah Kabupaten Bone kata Ambo Dalle telah melakukan pengusulan pembentukan daerah otonom baru di bulan desember 2010 silam. DPRD Bone pun menyetujui calon ibukota baru dan Secara administratif Ada lima keputusan bupati yang diserahkan ke Gubernur dan telah terbit di tahun 2012.

"Itu menjadi bukti Keberpihakan Pemeintah Daerah dalam Percepatan Pembentukan Bone Selatan" Ujar Wakil Bupati Bone Ambo Dalle yang juga Mantan Ketua DPRD Bone dua periode.

Beliau menambahkan bahwa Program pemekaran ini adalah program yang suci dan mulia untuk Kabupaten Bone kedepan dan Percepatan kesejahtraan pasti lebih baik

Sementara itu, ditempat yang sama Ketua DPRD Bone mengatakan, Pemekaran adalah Pilihan untuk mensejahtrakan masyarakat.

"Yang jelas Pemekaran ini sudah tidak berbicara tentang kepentingan perorangan atau golongan tetapi lebih untuk Kemasyalahatan Rakyat" Ujar politisi Golkar tersebut.

Ketua Forum Pemekaran Bone Selatan A.Suedi mengatakan, Pemekaran ini Pleksibel, tidak lagi terkendala di Daerah dan Provinsi. hanya saja kita terkendala Keputusan dari Pusat ungkapnya dalam dialog yang diprakarsai Radar Bone.

Pembentukan Bonsel Terkendala Moratorium Pemerintah Pusat

Perjuangan pemekaran Bone Selatan sudah berlangsung selama 13 tahun hingga saat ini. Bahkan Pembentukan Kabupaten Bone Selatan, perlu dan akan segera dilakukan. Terlebih lagi, Kabupaten Bone memiliki wilayah yang sangat luas, saat ini memiliki 27 kecamatan dan 372 desa/kelurahan.

Meski telah disepakati antara Pemerintah Daerah Kabupaten Bone bersama DPRD Kabupaten Bone, dan sudah diusulkan ke DPR RI, lagi-lagi asa untuk pembentukan Kabupaten Bone Selatan tersandung oleh moratorium pemerintah pusat terkait pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) yang belum dicabut.

Penulis : Redaksi
Editor   : Edy
Komentar

Berita Terkini