-->

Kesbangpol Bone Bersilaturahim Dengan Sejumlah LSM dan Ormas


BONE, PENAINSPIRASI.COM - Badan Kesatuan Bangsa,Politik dan Linmas Setda Bone menggelar Silaturahim dengan  sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat dan Organisisasi Masyakat di ruangan Kantor Kesbangpol Jl. A. Mappanyukki Watampone Lantai III.

Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk membangun komunikasi yang produktif dan sinergitas guna mendukung kinerja Pemerintah Kabupaten Bone yakni Bone Mabessa.

Kepala Kesbangpol Setda Bone  H. Sumardi dalam sambutannya, mengatakan jika LSM / Ormas memiliki posisi penting dalam mendukung laju pembangunan di Kabupaten Bone. Olehnya, menurut Sumardi LSM dan Ormas wajib untuk mendaftarkan diri di Kesbangpol untuk menjalankan kemitraan dengan pemerintah daerah.
"LSM dan Ormas yang terdaftar dan memiliki SKT hanya sekitar 85, olehnya teman-teman LSM yang belum terdaftar agar segera mengurus Surat Keterangan Terdaftar (SKT) sebelum melakukan aktivitasnya dilapangan" ucapnya

Kepala Bidang Ormas Kesbangpol Provinsi Sulawesi Selatan Rasdy mnegaskan jika setiap lembaga LSM dan Ormas harus berbadan hukum. Dijelakannya  terkait dengan pendaftaran ormas mengacu pada Permendagri 57 Tahun 2017 tentang Pendaftaran dan Pengelolaan Sistem infomasi Masyarakat .
"Dalam Permdendagri ini, hanya dikenal istilah ormas, jadi baik LSM dan Ormas itu tidak ada pembedaan. Dalam menjalankan aktivitas tentunya harus melapor dulu dipemerintah baik, pusat, provinsi maupun kabupaten, sesuai dengan status kepengurusan ormas tersebut.

Andi Muhammad Ridwan salah pegiat sosial dalam forum tersebut juga mencurahkan sejumlah unek-unek di hadapan narasumber. Dia menilai Pemda Bone hari ini perlu membuka ruang kepada LSM/Ormas sebagai mitra pemerintah dalam menjalankan program berbasis masyarakat.

Dikatakan Penasehat ALB tersebut, jika program kemitraan dengan pemerintah pernah terlaksana dengan baik dipemerintahan sebelumnya,namun  program tersebut tidak lagi berjalan sejak tahun 2009.
"Kami dari teman-teman LSM mengharap, dalam setiap pengambilan kebijakan kami diajak diskusi, agar kami dapat berkontribusi dan memberikan masukan dalam mendukung program pemerintah daerah" ungkapnya

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasat Intelkam Polres Bone AKP Surahman, dan Intelkam Dandim 1407 Bone.
Penulis : Redaksi
Editor  : Edy
Komentar

Berita Terkini