Meriah, Bursa Inovasi Desa Region Enam Bone Sukses Digelar



 Foto : Camat Ulaweng, Abdul Rahman S.Sos saat memberikan sambutan diacara Bursa Inovasi Desa Region Enam Rabu 10/7/2019.

Bone, Penainspirasi.com - Kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) Region Enam Kabupaten Bone Sulawesi Selatan  yang terdiri dari empat kecamatan yakni Kecamatan Ulaweng, Palakka, Tellu Siattinge dan Amali berlangsung meriah. Kegiatan tersebut dipusatkan di Desa Ulaweng Cinnong, Kecamatan Ulaweng Rabu, 10/7/2019.

Kegiatan BID merupakan bagian dari Program Inovasi (PID) Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang bertujuan untuk melakukan pertukaran ide dan komitmen para kepala desa dalam peningkatan kualitas penggunaan dana desa.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kabid Bina Peningkatan Kapasitas Kerjasama, Evaluasi Desa dan Kelurahan Dinas PMD Kabupaten Bone, Drs. Awaluddin, M.Si  Camat Ulaweng Abdul Rahman S.Sos, Camat Palakka Drs. Suherman, MH, Camat Amali A. Massalesse Takka, SH. MH, Camat Tellu Siattinge H. A. Suwanda, S.Sos, Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID), Tenaga Ahli P3MD Bone, Pendamping Desa, para Kepala Desa, BPD dan perwakilan masyarakat.


"Program Inovasi Desa ini diharapkan mampu melahirkan ide-ide kreatif dan inovatif agar pemerintah desa mampu meningkatkan kualitas pembangunan yang ada di desa. Sehingga melalui kegitan Bursa Inovasi Ini lahir komitmen kepala desa untuk mereplikasi kegiatan inovatif untuk dimasukkan diperencanaan tahun 2020" Ujar Camat Ulaweng Abdul Rahman dalam sambutannya.

Sedangkan Kabid Bina Peningkatan Kapasitas Kerjasama, Evaluasi Desa dan Kelurahan Dinas PMD Kabupaten Bone, Drs. Awaluddin menjelaskan bahwa salah satu bidang program inovasi desa yakni Peningkatan Sumber Daya Manusia (PSDM) yang bertujuan untuk pencegahan stunting di desa.

" Bone dan Enrekang adalah dua kabupaten yang mendapatkan dana tambahan PSDM untuk pencegahan stunting di desa dimana Bone menempati urutan ke tujuh di Sulsel jumlah angka stunting. Sehingga diharapkan melalui kegiatan bursa ini, lahir program yang inovatif dalam penangan stunting sebagai bagian komitmen desa untuk perencanaan tahun depan" Jelas Alumni STPDN tersebut.

Penulis : Redaksi Penaispirasi.com
Editor   : Edy F. Noya

Komentar

Berita Terkini