Kondisi Jalan Rusak Parah, Netizen Tagih Pemekeran Bone


Foto: Pengunjuk rasa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Peduli Bone Selatan, menggelar aksi di Kantor Gubernur Sulsel, Makassar  tahun 2014 yang lalu.  Mereka meminta Pemprov Sulsel segera merealisasikan pemekaran Kabupaten Bone Selatan. Sumber: Antara.

Bone, Penainspirasi--Rusaknya sebagian besar infrastruktur jalan yang di sejumlah ruas jalan wilayah Kota, kecamatan dan desa di Kabupaten Bone, menjadi perbincangan hangat beberapa hari terakhir di media sosial.

Tidak sedikit postingan warga menanam 
pisang dan kelapa dijalanan berlubang, sebagai bentuk protes kepada pemerintah daerah. Sebut saja baru-baru ini, warga menanami pohon kelapa di jalan poros menuju Bandara Mappolo Ulaweng Kecamatan Awanpone dan Jalan Poros di Desa Lemo Kecamatan Kajuara.

Dari pantauan redaksi penainspirasi.com di Grup Facebook 'Info Kejadian Bone', buntut kekecewan netizen akibat  rusaknya sebagian besar jalanan di Kabupaten Bone yang diposting akhir-akhir ini, Netizen Bone kembali menagih janji pemekeran Bone.

Sejumlah netizen berpendapat, bahwa pemekaran adalah solusi untuk mempercepat pemerataan pembangungan di Kab. Bone.

"Banyak yg saya liat warga Bone yg menginginkan  pemekaran Bone
Klo memang itu terjadi dimna kira" yg strategis menjadi ibukota kabupaten sappo
Mohon solusi x" Kutip dari status Abbas Jibe di Grup Facebook Info Kejadian Bone Minggu, 16/6/2019

Status Abbas Jibe, sampai berita ini dirilis sudah ada 254 komentar,  diantaranya akun facebook milik Anhy Bugies Sulsel, jika Bone Selatan  di Mekarkan menginginkan ibu Kotanya di Bakunge Kec. Ponre.

Ada juga netizen menginginkan ibu kota kecamatan di wilayah kecamatan masing-masing jadi Ibukota Kabupaten jika Bone mekar.
"Bengo Sappo Bone Barat" Komentar akun Vandhy Setiawan. 

 "Palattae kec.Kahu spaya dekat dari kec.patimpeng" Komentar dari akun Andi Fajri Idris.

Komentar yang lain dari netizen datang akun  Zul Fikar

"Ana yang awam dan dho'if izin memberi masukan 🙏:
Kalau suatu prop, kab, kota, kec. Dsbg dimekarkan maka putra-putri daerah baik yang sudah menyandang sarjana ataupun warga tempatan yang punya keahlian akan dapat difungsikan.
Minimal akan mengurangi pengangguran, baik ditingkat sarjana sampai ke tingkat dasar/ profesional didaerah tersebut.
Usul : bila memang persyaratan pemekaran daerah sudah terpenuhi, maka seyogyanya pemerintah daerah memberikan sprit demi kemajuan daerah itu sendiri. Wallahu 'alam" usulnya

Akun Aprilia Lupus juga berkomentar agar pemekaran Bone Selatan Cepat terealisasi.
"Terserah yg mana cocok yg penting bone selatang karna ini sngt bermanfaat bagi masyarakat Bone hususx yg brtmpt tggl jauh dr kota bone,di samping memprmudah kepengurusn lapangan kerja trbuka penganguran brkurang,pemerintah bersain tdk mau ketinggalan,kabupatn yg br mekar pemerintax pasti berjuan gamau kalah dg kabupaten lama yg lama jg malu klo Kab,Baru lebih maju inilah yg memicu pembangunan merata sampai kepolosok trpencil .sebagai contoh pemekarn sblmx semuax berkmbang" Komentar di akun facebooknya.

Gaung Pemekaran Kabupaten Bone yakni Bone Selatan memang bukan barang baru lagi. Pemerintah Daerah Kabupaten Bone bersama DPRD Kabupaten Bone bahkan telah mengajukan dokumen persyaratan administrasi pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) dan telah masuk di DPR RI Komisi II masih diera Presiden SBY bersamaan usulan pemekaran Luwu Tengah.

Namun, Sejak berlakunya moratorium pemekaran daerah yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat, sampai saat ini usulan Daerah Otonomi Baru (DOB) memang belum ada. Beberapa faktor pun menjadi penyebab sehingga sampai saat ini belum terealisasi, salah satunya yaitu pengoptimalan administrasi.

Penulis : Ian
Editor    : Edy F. Noya


Komentar

Berita Terkini