Pembentukan KPM Dan RDS di Bone Diharapkan Tekan Stunting


  Foto. Awaluddin saat memaparkan materi          dihadapan pendamping desa dan TPID


WATAMPONE, PENAINSPIRASI- Kader Pembangunan Manusia (KPM) atau Human Depelovment Worker (WDH) diharapkan mampu mengambil peran dalam penyebarluasan informasi dan edukasi untuk peningkatan layanan kesehatan dan pendidikan masyarakat desa dalam rangka peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan pencegahan stunting (anak tumbuh kerdil).

KPM sendiri merupakan kader desa yang dipilih dari musdes yang telah mendapat tunjangan dari APBDes.

Pembentukan KPM merupakan bagian dari Program Inovasi Desa (PID) Tahun 2019 bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) sebagai langkah konvergensi penangan stunting dimana Kabupaten Bone dan Enrekang adalah dua kabupaten di Sulawesi Selatan yang mendapatkan dukungan tambahan Dana Operasional Kegiatan (DOK).

Awaluddin, Kabid Pembinaan dan Kerja Sama Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kab. Bone saat memaparkan materinya di kegiatan Rapat Koordinasi Pendampingan Desa dan  Tim Pelaksana Inovasi Desa Se Kabupaten Bone, Kamis (16/05/2019) di Aula Al Junaidiyah Pesantren Biru, menekankan pentingnya pengawalan program inovasi desa sebagai salah satu program unggulan Kementerian Desa.

"TPID selaku pelaksana program PID diharapkan mampu bersinergi dengan pendamping desa agar dapat memberikan edukasi dan pelayanan kesehatan dan pendidikan sebagai langkah pencegahan kasus stunting di kabupaten Bone" Jelas Awaluddin

Dikatakannya kembali selain pembentukan KPM juga harus didukung pembetukan Rumah Desa Sehat (RDS) sebagai sekretariat bersama untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan ditingkat desa.

Koordinator P3MD Bone Abdi Halim ST menambahkan, jika dalam waktu dekat akan diadakan pelatihan 1 perwakilan KPM setiap desa dan satu perangkat desa di 24 kecamatan agar KPM memikiliki kompentensi dalam melaksanakan tugasnya di masing-masing desa.
"Pelatihannya akan dilaksanakan perregion agar lebih efektif" Pungkasnya Tenaga Ahli Infrastruktur Desa tersebut

Kegiatan Rakor Pendamping Desa tersebut diakhiri dengan kegiatan buka bersama.


Penulis : Redaksi penainspirasi.com
Editor    : Edy F. Noya

Komentar

PENA INSPIRASI

Berita Terkini