Mahasiswa S3 di Jawa Jadikan Arif Saleh Narasumber di Penelitian Disertasi

Mahasiswa S3 di Jawa Jadikan Arif Saleh Narasumber di Penelitian Disertasi

Penainspirasi.com, Makassar - Calon anggota DPRD Wajo Dapil I Kecamatan Tempe, M.Arif Saleh, S.Hi, menjadi salah satu narasumber di penelitian penyusunan disertasi kandidat doktor di Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, Syukri.

Arif Saleh diwawancarai oleh Rektor STIKOM Jayapura itu mengenai Pilgub Sulsel 2018, terutama kemasan isu-isu untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, serta beragam dinamika yang berkembang selama tahapan berjalan.

Selama hampir satu jam, Arif Saleh yang kini memilih pulang kampung untuk mengabdi dengan maju menjadi caleg melalui Nasdem, melayani pertanyaan kandidat doktor bidang komunikasi politik tersebut di salah satu cafe di Kota Makassar, Rabu (19/12/2018) malam.

“Pak Syukri melakukan penelitian untuk penyusunan disertasinya terkait dengan Pilgub Sulsel dalam perspektif kearifan lokal. Kebetulan beliau menjadikan saya sebagai salah satu narasumber, sehingga menjadi kewajiban untuk ikut berbagi pengalaman,” kata Arif Saleh saat dikonfirmasi, Kamis (20/12/2018).

Ia berharap, hasil penelitian untuk penyusunan disertasi nantinya, bisa menjadi salah satu referensi dan bahan evaluasi bagi penyelenggara, serta para politisi, maupun elemen masyarakat dalam memajukan proses demokrasi di tanah air, terutama di tanah Sulsel.

Apalagi, lanjut dia, penelitian tersebut melibatkan sejumlah pihak. Mulai dari tim masing-masing pasangan, lembaga survei, pakar politik, pimpinan partai politik, serta narasumber lainnya yang terkait dengan Pilgub Sulsel.

Ditambah lagi, fokus penelitian dan penyusunan disertasi tersebut dikaitkan dengan kearifan lokal Sulsel, terutama dalam menjalankan atau memaknai nilai-nilai sipakatau, sipakainge dan sipakalebbi.

“Kita patut mengapresiasi niat dan usaha Pak Syukri yang ingin menggali nilai kearifan lokal di kontestasi politik. Tentu saja ada hal menarik yang ingin dikaji lebih dalam, sehingga dari sekian provinsi yang sudah menggelar Pilkada, Sulsel yang justru dijadikan fokus penelitiannya,” tambah Arif Saleh yang di Pemilu 2019 menggunakan nomor urut 7 di Dapil I Kecamatan Tempe.

Sekadar diketahui, saat Pilgub Sulsel 2018, Mas Bro (sebutan untuk M.Arif Saleh Bersama Rakyat Wajo) tercatat sebagai penanggung jawab perumus isu-isu media salah satu pasangan, sekaligus supervisor pemenangan lembaga survei dan konsultan politik nasional Jaringan Suara Indonesia (JSI) yang bermarkas di Jakarta. (red)
Komentar

Berita Terkini